Perihal Ide di Dunia Perangkat Lunak

Wah sudah lama bener blog ini tidak diupdate, saking lamanya tidak kesini, tadi sampai nyasar naik angkot beberapa kali :). Hmm.. sebenarnya sih, saya masih juga nulis di beberapa tempat, seperti di blog kantor tentang penggunaan git dengan GUI di GNU/Linux, dan beberapa email (ya iyyalah :D).

Tentang kesibukan lain di luar pekerjaan rutin, belakangan ini selain tentunya tetap menyimak berbagai hal tentang F/OSS, saya juga lagi senang-senangnya belajar segala sesuatu tentang startup, baik yang lokal maupun global, lewat berbagai web dan mailing list. Di berbagai diskusi startup, salah satu isu yang paling sering dibicarakan adalah masalah nilai ‘ide’ (tentunya dalam ย sudut pandang Teknologi Informasi terlebih khusus perangkat luinak), dimana ada perbedaan pendapat tentang ide ini, hmm.. ekstrimnya ada yang menganggap ide itu hal yang sangat penting, sakral dan harus hati-hati disimpan, sedangkan disisi lain ada yang menganggap ide itu tidak ada nilainya tanpa eksekusi.

Untuk saya pribadi lebih condong pada penempatan ide sebagai “multiplier of execution” seperti pendapat Derek Sivers;

To me, ideas are worth nothing unless executed. They are just a multiplier. Execution is worth millions.

Explanation:

AWFUL IDEA = -1
WEAK IDEA = 1
SO-SO IDEA = 5
GOOD IDEA = 10
GREAT IDEA = 15
BRILLIANT IDEA = 20

NO EXECUTION = $1
WEAK EXECUTION = $1000
SO-SO- EXECUTION = $10,000
GOOD EXECUTION = $100,000
GREAT EXECUTION = $1,000,000
BRILLIANT EXECUTION = $10,000,000

To make a business, you need to multiply the two.

Jujur saya punya ide startup bareng teman-teman yang menurut saya sangat hebat (hmm.. namanya juga ide sendiri :D), dimana di awal kita berpikir apakah ide ini akan diselesaikan dulu atau langsung dicoba share, dan akhirnya kamipun setuju untuk share, baik itu di komunitas maupun dengan ikut beberapa lomba (yang alhamdulillah belum menang :D), dimana tujuan utamanya adalah untuk testing the water dan mendapat masukan dari berbagai pihak. Jujur dengan ikut dalam kondisi masih dalam pengembangan awal, ada ketakutan peniruan dari ide, tapi kami berpikir walaupun sudah stabil sekalipun tidak ada jaminan untuk tidak terkejar dari yang mencontoh ide kita, dan itu adalah hal yang wajar bahkan disitulah seninya ๐Ÿ™‚ *asal tetap menghormati hukum dan etika tentunya :D*.

Saya percaya satu-satunya cara terbaik melindungi ide adalah dengan eksekusi yang terbaik.

Oh ya secara legal, ide ini juga masih menjadi perdebatan panjang sampai saat ini, dimana penerapan paten perangkat lunak yang melindungi ide menyangkut perangkat lunak masih belum sama di seluruh dunia. Di Eropa dan termasuk negara kita Indonesia tidak menganut paten software (tapi beberapa paten yang lain ikut), tapi tetap mengakui hak cipta paten, sebab perlindungan paten pada perangkat lunak menurut yang menolak dianggap kontra produktif dengan semangat paten pada bidang lain, seperti pertanian, dll yang mendorong penemuan ide2 baru. Kalau tertarik tentang diskusi ini mungkin bisa mulai dengan baca-baca wikipedia http://en.wikipedia.org/wiki/Software_patent_debate .

Ketemuan KPLI Palembang Bulan Februari

Seperti biasa pada hari Minggu terakhir di tiap bulannya, KPLI Palembang mengadakan ketemuan bulanan. Materi bulan ini adalah “Bekerja dengan CLI di Linux” yang dibawakan oleh Muhammad Subair.

Berikut beberapa foto yang didokumentasikan Wanda.

Kumpul-kumpul KPLI Palembang Januari 2011 – Printer di Linux

Ketemuan KPLI Palembang bulan Januari 2011 akan diadakan pada tanggal 30 Januari 2011, detail informasinya;

Tempat: Guyub โ€“ Jl. KHA Dahlan No. 74 โ€“ Palembang

Hari/Tanggal: Minggu/31 Januari 2011

Waktu: Pukul 16.00 WIB (4 sore)

Pemateri: Wirawan

Materi: Printer di Linux

Acaranya bebas, siapa yang mau datang, langsung datang aja pada hari H-nya, tapi lebih bagus lagi kalau bawa makanan heheh ๐Ÿ™‚

Fitur Review WordPress.com ;)

Langsung saja, dapat dari email, kemudia ketik link untuk share dan jadi deh posting seperti di bawah ๐Ÿ™‚

—–

The stats helper monkeys at WordPress.com mulled over how this blog did in 2010, and here’s a high level summary of its overall blog health:

Healthy blog!

The Blog-Health-o-Meterโ„ข reads Wow.

Crunchy numbers

Featured image

The average container ship can carry about 4,500 containers. This blog was viewed about 16,000 times in 2010. If each view were a shipping container, your blog would have filled about 4 fully loaded ships.

In 2010, there were 25 new posts, growing the total archive of this blog to 105 posts. There were 32 pictures uploaded, taking up a total of 2mb. That’s about 3 pictures per month.

The busiest day of the year was January 13th with 105 views. The most popular post that day was Konfigurasi Modem HP Smart K-Touch E329 untuk Internetan di Ubuntu.

Where did they come from?

The top referring sites in 2010 were google.co.id, facebook.com, id.wordpress.com, palembang.linux.or.id, and blog-indonesia.com.

Some visitors came searching, mostly for modem, warnet, sekat warnet, dns nawala, and nawala dns.

Attractions in 2010

These are the posts and pages that got the most views in 2010.

1

Konfigurasi Modem HP Smart K-Touch E329 untuk Internetan di Ubuntu January 2010
24 comments

2

Instalasi dan Setting Warnet Linux Berbasis Ubuntu oleh Komunitas Ubuntu SumSel October 2008
45 comments

3

Jeroan Modem ADSL Aztech untuk Speedy-ku, ternyata … June 2008
23 comments

4

Cara mudah menghindari konten negatif di Internet dengan DNS resolver Nawala Project May 2009
2 comments

5

Solusi webcam-an pakai HP *China* ๐Ÿ˜€ February 2010
9 comments

——-

PD betul, padahal ketahuan kalo pengunjungnya sedikit , biarin :p hehehe