Sharing Video Liputan Sriwijaya TV pada kegiatan KPLI Palembang di Ubuntu MRP dan Cara Edit Video dari Newbie

Pada hari Minggu pagi, tanggal 21 Desember 2010 kemarin Komunitas Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Palembang dan Komunitas Linux Unsri (Solusi) menyelenggarakan Ubuntu Maverick Release Party (MRP) yang bertepat di gedung Diploma Komputer Univ. Sriwijaya, Bukit Besar, Palembang.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah hadirnya teman-teman dari Sriwijaya TV – TV lokal di Palembang- untuk meliput acara MRP ini untuk selanjutnya dikemas ke dalam acara mingguan bernama B’Ladas yang khusus mengangkat kegiatan positif berbagai komunitas di Palembang dan sekitarnya.

Beruntung sekali setelah kegiatan kemarin kita diberi DVD yang berisi rekaman acara tersebut oleh Sriwijaya TV melalui Mas Sugeng Cahyono yang juga merupakan salah satu penanggung jawab dari KPLI Palembang. Agar bisa disharing ke Youtube, maka saya putuskan untuk melakukan edit pada kualitas, jenis format dan durasi dari video tersebut. Sebagai newbie dalam urusan multimedia, saya langsung saja searching di Google dan langsung mendapat informasi dari forum Ubuntu untuk menggunakan aplikasi Avidemux.

Video Editing dengan Avidemux

Video Editing dengan Avidemux

Adapun langkah-langkahnya saya copykan aja dari forum tersebut (yang ini edit flv to flv);

Install avidemux: sudo apt-get install avidemux

Run the program, it showed up for me in the start menu under multimedia or sound & video -> “avidemux video editor (QT)”

Choose open, open the file you want to edit, parse or convert.

Press play, and the video should play, get the frame number where you want to begin copying. Get the frame # of where to start.

Choose edit-> set marker A

Move the slider to the spot where you want the parsing to end.

Choose edit-> set marker B

To save your clipped .FLV file, choose File->save->save video.

Save your file as something.flv

Play the something.flv file with vlc and your parsed video plays.

Caranya seperti itu, jika ada perbedaan seperti kasus saya dari format vob ke flv, tinggal disesuaikan pada konfigurasi Avidemux kita.

Nah setelah selesai diedit dan sudah sesuai dengan kebutuhan kita dalam kasus ini memilih yang ada gambar sayanya saja semisal format, ukuran dan durasinya, maka tinggal di upload ke Youtube aja dan siap disharing, seperti video di bawah ini. Selamat mual2🙂 menonton;

nb: yang mau rekaman lengkap acaranya bisa diambil/copy di Guyub

One thought on “Sharing Video Liputan Sriwijaya TV pada kegiatan KPLI Palembang di Ubuntu MRP dan Cara Edit Video dari Newbie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s