Cerita Dikit Subversion (SVN) di Ubuntu

Berhubung Keuangan Guyub sekarang di Google Code memanfaatkan Subversion ini, maka Bair perlu berbagi sedikiiit (benar-benar sedikit :D) tentang bekerja dengan SVN di Ubuntu (walaupun teman-teman kemungkinan besar lebih tahu dari Bair ).

Kalo baca di wikipedia Id, SVN adalah adalah suatu perangkat lunak sumber terbuka pengontrol versi yang dapat mengatur proses pengembangan perangkat lunak yang dilakukan oleh suatu kelompok pemrogram yang terpisah menjadi runut dan teratur.

Jadi harapannya dengan menggunakan SVN, teman-teman pengguna dan komunitas bisa terus melakukan update dan penelusuran terhadap kode-kode sumber Keuangan Guyub (ataupun proyek F/OSS lain yang menggunakan SVN) dengan lebih mudah tanpa menunggu waktu versi-versi rilis tertentu saja. Selain itu komuntias dan pengguna umum juga dapat mengikuti siaran langsung dari perkembangan kode.

Secara umum, SVN Keuangan Guyub bisa kita telusuri di bagian Source pada halaman proyek di Google Code. Bagi kebanyakan developer menggunakan CLI (Command Line Interface) adalah pilihan yang paling enak, bagaimana tidak selain lebih cepat dan sederhana, kita juga bisa belajar tanpa ambigu yang kadang muncul pada tutorial GUI.

Contohnya bisa kita lihat di halaman http://code.google.com/p/keuangan-guyub/source/checkout, dimana secara singat sudah dijelaskan tentang cara checkout (mengambil kode sumber) bagi pengguna umum yaitu, cukup dengan menjalankan perintah;

svn checkout http://keuangan-guyub.googlecode.com/svn/trunk/ keuangan-guyub-read-only

maka kode sumber terbaru dari proyek akan ter-copy ke komputer lokal kita pada lokasi folder keuangan-guyub-read-only. Tentunya Ubuntu kita sebelumnya harus sudah terintal Subversion, kalau belum tinggal lakukan instalasi dengan perintah;

sudo apt-get install subversion

Jika ingin tahu perintah-perintahnya lainnya secara umum silahkan lakukan perintah;

svn –help

atau

man svn

disitu akan muncul informasi semisal commit yang digunakan untuk memindahkan perubahan yang sudah kita lakukan di lokal ke server, tentunya kita harus punya hak akses khusus untuk melakukan commit ini.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca  di internet berbagai referensi dan tutorial tentang SVN ini, 2 diantaranya adalah;

Oh iya, sebenarnya di laptop sekarang ini Bair pakai RabbitVCS, insya Allah tulisan berikutnya Bair buat tutorial sederhananya SVN dengan RabbitVCS yang berbasis GUI di Ubuntu.

Bersambung…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s