Sharing pengalaman dan mohon masukannya tentang ePalembang.com

Awal bulan Juni lalu Guyub bekerja sama dengan 2 teman sebagai rekanan di Palembang meluncurkan versi beta (bisa juga dibaca: testing untuk publik) dari ePalembang.com – website informasi Palembang dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

ePalembang.com

ePalembang.com

Fyi, website ini didukung oleh 2 buah server hosting yang berlokasi di Indonesia dan USA. Tujuannya untuk mencoba load balancing sederhana membagi beban kerja berdasarkan lokasi IP publik browser klien, dimanakebijakan saat ini yang diberlakukan adalah semua request dari Indonesia dan Malaysia akan dilayani oleh server di Indonesia, yaitu dengan meredirect-nya ke www1.epalembang.com, dan sisanya akan dilayani oleh server USA dengan meredirect-nya ke www2.epalembang.com. Maka kalau semua berjalan dengan benar, jika ada orang Indonesia mengetik www2.epalembang.com di browser maka akan diredirect ke www1.epalembang.com. Untuk database IP-nya memanfaatkan layanan gratis dari Maxmind, dengan syarat cukup menyertakan informasi bahwa kita menggunakan data GeoLite dari mereka saja.

Tentang manajemen penanganan down/fail server belum dilakukan, berhubung masih percaya jaminan dari kedua tempat menitipkan server (bareng dengan PalembangHosting.net). Perhitungan sederhana kami menghasilkan kesimpulan bahwa garansi uptime diatas 99,7%, saat ini masih bisa ditoleransi (dibanding masalah dan kerjaan lain yang ada :D), sehingga perancangan metode untuk membuat sistem saling backup jika salah satu sakit masih belum menjadi prioritas pengerjaan saat ini, tapi pasti nanti akan dikerjakan😀.

Oh ya bicara tentang down/fail ini, kami baru ada pengalaman minggu lalu, dimana masalah justru dari kecerobohan kami saja, dimana saat server USA harus diganti dan IP-nya jelas ikutan berubah, ada yg lupa kita ganti disettingan, dan ternyata tanpa sadar karena sok sibuk ngerjain yang lain dalam beberapa hari, ternyata www2 jika diakses via browser isinya adalah “This Account Has Been Suspended” (klo dicek ping www2.epalembang.com sih gak ketauan), dan sialnya pas waktu itu ternyata jadwal Mbah Google berkunjung, jadi harus terima untuk *setidaknya sampai saat ini* diabadikan di temboloknya huhuhu.

Satu hal yang saya dapat disini juga adalah, ternyata mesin penyedot Google itu hanya terpusat. Hal ini dapat dilihat dengan mengetik site:epalembang.com, maka saat ini semua halaman yang muncul dan telah disedot berasal dari www2, tidak ada satupun yang www1. Nah kemungkinan besar yang semacam google.co.id, google.com.sg, dll, hanya replikasi saja dari database terpusatnya *cmiiw*.

Tapi, kalau sekarang kita ngecek site:epalembang.com, maka link page yang muncul bukan hanya www2 saja, tetapi double dengan yang alamat epalembang.com saja (tanpa awalan www, www1, dan www2), yang kemungkinan Google baru ngambil dari sitemap.xml yang kita sediakan. Cuman disini kita masih was was dan berjaga-jaga takutnya nanti dianggap duplicate content dan dihukum ama Google, soalnya kan isi epalembang.com/*, http://www.epalembang.com/*, www1.epalembang.com/* dan www2.epalembang.com/* itu sama, hmm.. ada yang punya pengalaman tentang ini dan mau berbaik hati berbagi?

Seikit sharing, untuk ngecek dan ngetest yang www2 dari Indonesia, sebenarnya mudah aja, yaitu tinggal melewatkan browser ke proxy dengan manfaatin free proxy yang IPnya bukan berasal dari Indonesia atau Malaysia. Banyak sekali kok website yang nyediain, cuman test dulu soalnya gak semua IP masih valid.

Sementara analisa SEO kami lakukan dengan memanfaatkan sebagian besar tools analisa dan petunjuk dari Mbah Google, mulai dari yang sederhana ngecek di pencarian dengan kata kunci site:epalembang.com untuk melihat perkembangan penelusuran Google, sampai manfaatin Google Webmaster dan Google Analytics. Ya, kita memang konsentrasi dengan satu sumber guru “Google” dulu, dengan pertimbangan konsentrasi belajar langsung dan benar dari pola pikir juri perlombaan yang bobot nilainya paling besar😀, jadi harapannya perkembangannya walaupun bertahap dan sedikit-sedikit tapi betul-betul sehat dan jangka panjang.

Soalnya yang Kami pahami sih bahwa SEO ini sebenarnya hanya penunjang (cmiiw), dimana intinya yang penting bisa mudah diraih dan mempermudah search engine (semisal Google, Yahoo, Bing, dll) saja, sedangkan jika ingin exist secara nyata dan alami tetap saja sangat tergantung 3 hal, yaitu content, content dan content😀.

Ya, link dari web lain sangat penting selain untuk mendapat limpahan pengunjung, juga meningkatkan point di mata search engine. Rencananya sih segera kita akan gerilya mendapatkan ini, seperti minta review dari teman-teman blogger salah satunya, tapi.. ya mungkin waktunya awal bulan depan setelah semua fungsi dasar sudah berjalan (walaupun tetap pasti masih jauh dari sempurna :D) dan Kami rasa emang sudah pantas untuk direview. Eh.. tapi kalau ada yang mau review sekarang .. boleh sekali kok🙂..

Nah sebagai penutup, saya yakin semua tahu🙂, selain Bair tulis untuk sharing sedikit pengalaman tentang mengelola website, jelas harapannya sih bisa dapat limpahan komentar masukan yang bisa dalam bentuk saran, kritikan, dan ejekan dari teman-teman semua, dari berbagai sisi. Alhamdulillah kemarin via japri sudah banyak dapat masukan (saking banyaknya kekurangannya :D), nah sekarang masih terus kita list prioritas masukannya dan tentunya dikerjakan bertahap, untuk kita sertakan pada setiap update mingguan, bersamaa penambahan teratur 1 atau 2 buah review/artikel.

Terima Kasih Banyak😀

7 thoughts on “Sharing pengalaman dan mohon masukannya tentang ePalembang.com

  1. ivanbatara

    keren banget mas. bergidik bulu kuduk ku seperti mendapat inspirasi bagaimana kl hal serupa di buat untuk kota Jogjakarta y mas, yang konon katanya kota edukasi dn t4 kreativitas berkumpul. wah, boleh saya diajari ilmunya mas. mungkin ke depannya bisa saya jadikan PR.

    jadi pengen k ke Palembang belajar ma kau mas. boleh k nanti k Palembang silaturahmi sekalian ganggu2 ko mas?

    Balas
  2. subair Penulis Tulisan

    @jafis & andif: Amin…🙂, Makasih

    @ivanbatara: Sebenarnya jujur saja, kita yang awalnya terinspirasi kota-kota lain yang sudah lebih duluan punya website informasi yang disajikan secara niat🙂, salah satunya adalah Jogja, coba aja googling.

    Cuman ePalembang.com kita sajikan dalam bentuk dan penyajian yang paling cocok dengan Palembang tentunya.

    Btw, ditunggu betulko itu di Palembang.., kabari saja le’

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s