Resize Gambar Secara Massal dengan Nautilus di Ubuntu

Hari ini saya butuh membuat gambar kecil semacam thumbnail, untuk web yang sedang saya kerjakan. Kalau satu.. dua .. gambar sih biasanya pakai GIMP aja, tinggal scale image. Tapi ini, ada ratusan gambar.. kebayang, bisa pegel buka tutup GIMP🙂. Untungnya, saya ingat pernah baca di mailing list Ubuntu-ID, tentang meresize gambar secara berjamaah.

Akhirnya setelah search arsip email, saya baca bahwa ada beberapa cara untuk melakukan ini di Ubuntu. Hmm ..  untuk saat ini saya coba aja yang kelihatannya paling simple🙂, yaitu menggunakan Nautilus (File Browser bawaan Ubuntu).

Adapun angkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

  1. Terlebih dahulu install Nautilus Image Converter (sudo apt-get install nautilus-image-converter).
  2. Buka aja Nautilus (File Browser). — di komputerku (Hardy) jika sebelum instalasi No. 1 kita telah membuka Nautilus, maka Nautilus perlu direstart dulu (nautilus -q; nautilus &), atau logout kemudian login terlebih dahulu untuk melihat hasilnya  (hal ini berlaku juga untuk instalasi Nautilus add-ons lainnya, cmiiw)–
  3. Setelah masuk ke folder kumpulan gambar yang ingin kita buat thumbnail-nya,  select aja semua gambar yang ingin di resize (jika semua, tinggal Select All (Ctrl+A)).
  4. Klik kanan dan pilih Resize ImagesResizeGambarMassal1
  5. Setelah itu akan muncul jendela Resize Images, disitu silahkan diatur, “Image Size” dan “Filename”-nya. Dalam kasus saya (dapat dlihat pada gambar di bawah), disini saya ingin thumbnail-nya berukuran 100×69 pixels, dan nama filenya di dapat dengan menambahkan “-small” di belakang nama file gambar aslinya.ResizeGambarMassal2
  6. Taddaaa.. maka di folder tesebut akan muncul file-file thumbnail sesuai dengan yang kita inginkan🙂.

6 thoughts on “Resize Gambar Secara Massal dengan Nautilus di Ubuntu

  1. subair Penulis Tulisan

    Salam kenal, makasih sudah singgah.

    @animaster: sama-sama Bos, ini juga dapat dari teman-teman🙂

    @GigiSehatBadanSehta: setahu saya *cmiiw* di GIMP sih bisa, tapi kan capek kalau satu-satu Bos. Coba bayangin kalo ada ratusan gambar yang harus dirubah, kan repot juga🙂, belum lagi kalo spec PC kita pas2an.

    Balas
  2. masrub

    binggo… ini tips yg saya cari bos… kemarin sampai bingung bener2 aku cari sana sini … maklum newbie pake linux nya..
    sampai aku balik lagi lewat Jendela dengan menggunakan picture resize software.. hihi…
    makasih infonya..
    sukses bos.. langsung di coba… maknyuss…
    hehe

    Balas
  3. Ping balik: Tips Sederhana Cara Replace String Pada Banyak File Text Sekaligus di Linux- Bagian I « Bair is a geek [??]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s