Yuk belajar dari Komunitas Blogger

Komunitas teknologi yang sangat menonjol dan aktif saat ini adalah komunitas blogger, setidaknya paling banyak kegiatan dan terekspos dibanding komunitas-komunitas nirlaba lain termasuk komunitas Free Open Source Software/Linux yang lebih dulu mucul *cmiiw*.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Hmm.. pengamatan *sok tahu* Bair dari ikut dan mengamati baik komunitas FOSS/Linux dan blogger adalah keuntungan komunitas blogger yang dihuni oleh berbagai background orang dan tentu saja berbagai macam keahlian yang tidak terpusat pada latar belakang teknis blog yang masuk ranah Teknologi Informasi (TI).

Dengan perkembangan internet, blog dan TI secara umum, kecakapan teknis bukanlah salah satu pertimbangan penting untuk gabung ke komunitas blogger saat ini. Sekarang siapapun bisa menjadi blogger tanpa harus tahu cara membuat blog atau mempunyai cukup uang untuk membeli jasa pembuatan blog. Blogger-blogger pemula pun tidak sungkan untuk ikut bergabung dan aktif di komunita-komunitas blogger yang tersebar di berbagai kota.

Sehingga tidak jarang spesialisasi sangat berjalan efektif dan efisien di komunitas blogger, dimana ketuanya betul-betul pengalaman memimpin, humasnya jago nulis *ya iyyallah kan blogger hehe*, untuk urusan teknis stok banyak, mau nyari yang jago desain gak kalah banyak, marketing juga tinggal manfaatkan link anggota yang tersebar dimana-mana, dan yang tidak kalah penting anggota penggembira yang siap meramaikan dan membantu kegiatan yang ada.

Hal ini harusnya bisa juga terjadi di komunitas FOSS, dimana sekarang aplikasi-aplikasi FOSS sudah sangat tangguh dan mudah, sehingga pemakainya pun menyebar dimana-mana. Sebut saja aplikasi-apalikasi FOSS seperti Linux, Firefox, Open Office, dll, termasuk tentunya WordPress yang merupakan engine blog paling populer saat ini.

Di komunitas FOSS Bair lihat umumnya masih terjebak dari sisi teknis semata, bahkan kesan yang muncul membuat teman-teman yang walaupun tertarik dengan FOSS dan juga sudah menggunakannya kalau merasa belum jago betul masih belum PD untuk bergabung.

Hmmm apa anak-anak komunitas FOSS emang rata-rata geek, introvert, atau masih terpengaruh dengan pola pendidikan di negara kita yang masih menganut dikotomi dan diskriminasi bidang sosial dan science?

6 thoughts on “Yuk belajar dari Komunitas Blogger

  1. subair Penulis Tulisan

    @somat: akur Mas🙂

    @agungi: makanya kadang harus terbuka, bukan berarti yang senior lebih jago/potensial dari yang beginner

    @amr: gampang diatur Bos, ditunggu di Palembang🙂

    @Rychan: akur juga Mas🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s