Kamu aktivis Linux yang bagaimana ? :)

Open source is a development methodology;  free software is a social movement.  (Richard Stallman)

Bair yakin banyak yang masih belum betul-betul paham perbedaan dan persamaan antara Open Source dan Free Software *termasuk Bair*, boro-boro deh.. tentang Freeware dan Free Software saja masih banyak yang keliru bin bingung.

Bair juga pernah dapat pertanyaan serius (baca: lucu) dari teman, kalau Bair ini aktivis Linux yang bagaimana, khususnya mengenai perbedaan Free Software dan Open Source, dan juga menyangkut perbedaan pendapat Richard Stallman yang ingin bahwa Linux harus menggunakan semua aplikasi free software, dan Linus Torvald yang menerima aplikasi propietary dibuat untuk Linux?

Jawaban Bair sih, terus terang dari baca sekilas tulisan berkaitan dengan ini, masing-masing punya alasan sendiri, dan memang sudut pandang keduanya sedikit berbeda, walaupun sama-sama dari sisi aktivis pengembang. Selain itu Bair juga gak bisa memastikan apa tujuan akhir/utama keduanya, apalagi menganalisis apakah langkah/sikap mereka betul-betul efektif dan efisien gak untuk memperoleh tujuan akhirnya itu.

Sedangkan kalau Bair sendiri dari sisi murni pengguna sih senang-senang aja kalau makin banyak aplikasi pendukung Linux entah itu FOSS ataupun propietary *egois mode ON :D*, asalkan aplikasi ini hanya fitur tambahan dan bukan inti dari Linux tentunya.

Orang pakai Windows saja Bair masih menganjurkan kalau itu memang yang paling bijak untuk dia saat ini kalau memang itu solusi terbaik untuk kebutuhannya, dan tentunya dia mampu beli sehingga legal a.k.a tidak mencuri bin membajak.

Sekali lagi harus dilihat keadannya juga, jangan sampai hanya karena malas belajar dan alasan lainnya, sehingga kebutuhan ngetik dan main Solitaire harus bajak atau kalau beli lisensi ngambil dari uang rakyat, sementara sudah ada Linux yang tidak hanya lebih aman dari virus dan  lebih murah, akan tetapi lebih besar dari itu juga mengurangi ketergantungan kita ke pihak luar.

Sedangkan untuk perbedaan prinsipil Open Source dan Free Software sendiri Bair lebih condong netral, makanya lebih suka menggunakan FOSS, FLOSS tau F/OSS untuk tetap mengakomodasi keduanya.

Intinya sih sebagaimana tertulis di aturan pakai blog ini semua itu toh rumusan akal manusia, yang tidak selalu benar dan sempurna, dan tidak ada juga yang maksa kita untuk terima salah satu atau kedua-duanya secara bulat.

FOSS menurut Bair hanyalah salah satu wasilah/jalan untuk bisa memberikan sumbangsih dalam berjuang bersama-sama mewujudkan dunia yang lebih baik (dimulai dari diri sendiri :D ) melalui bidang Teknologi Informasi (TI) yang Bair coba geluti.

Btw, gimana menurut kalian?

nb: Tidak ada maksud  menimbulkan flame, tapi jujur hanya ingin sharing.

5 thoughts on “Kamu aktivis Linux yang bagaimana ? :)

  1. kangtatang

    Setuju🙂

    Saya sendiri masih pengguna Linux untuk pribadi, belum bisa memberikan banyak sumbangsih dalam pengembangannya (Karena level kemampuan saya sendiri terbatas pada pengguna bukan pengembang).

    Salam
    Kang tatang

    Balas
  2. mwillypermana

    Karena masih di tataran pengguna, saya sih sebodoh lah, mau free software atau open-source software (atau propietary😛 ), as long as it works.

    Which is why I use Ubuntu:mrgreen:

    Balas
  3. subair Penulis Tulisan

    @ kangtatang: salam kenal juga Kang Tatang. Setiap orang punya peranan sesuai kemampuannya, cuman kadang kontribusi yang kita anggap remeh bisa jadi sesuatu yang penting.

    @ mwillypermana: as long as it works … dan juga paling efektif dan efisien, serta tentunya legal juga kan ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s