Penting gak pasang www di depan URL kita?

3 hari yang lalu Bair pesan kartu nama untuk Guyub, dan pas di info perusahaan saya menuliskan;

CV. Guyub Teknologi Nusantara

..

Phone: ..

Email: ..

Web: guyub.co.id

Nah oleh yang mau buat, saya disaranin untuk menggunakan http://www.guyub.co.id, soalnya kalau seperti yang saya minta itu tidak lazim. Terus saya bilang gakpapa aja, toh yang umum belum tentu benar. Soalnya, seingat saya  alamat URL saya memang hanya perlu guyub.co.id, ngapain harus ditambahin www didepannya bikin panjang-panjang.

Waktu itu sempat juga keluar sok tahu Bair dan pakai alasan kalau www itu teknologi jadul, atau mungkin teknologi web server-nya aja kali yang kurang canggih sampai harus pakai www di depannya, hmm mungkin pakai Window Server kali Pak, soalnya setau saya kalau pakai web server Linux gak pernah ada masalah kok *betul-betul sok tau, gak tau kenapa kepikiran itu, dan diomongin pula :)*.

Terus kata yang mau buat kartu nama *yang emang cocok jadi pengusaha, soalnya bisa sabar sama orang sok tau kayak Bair*, tapi kok perusahaan besar rata-rata masih pakai www, misalnya http://www.hp.com, http://www.sun.com, sampai http://www.google.com. Dalam hati saya bilang iya juga ya, gak mungkin 3 perusahaan tersebut pakai Windows Server *cmiiw*.

Tapi tetap saja Bair kekeuh, gak usah pakai soalnya emang gak perlu, dan tentang ini Bair janji dalam hati akan coba cari tahu, biar berikutnya kalau salah bisa dikoreksi, atau kalau emang betul bisa jawab dengan logis dan gak sok teu lagi hehehee.

Akhirnya setelah 2 hari sok sibuk, malam ini baru sempat browsing sana-sini. Setelah tanya Pakde Google, di salah satu forum ada yang bertanya hal yang sama dan jawabannya gak memuaskan, masa’ katanya karena masalah keumuman saja, jadi gunakan saja.

Akhirnya setelah bongkar-bongkar internet lagi saya nemu artikel HowStuffWorks yang bisa menjelaskan tentang hal ini. Disitu dijelaskan singkat mulai dari sistem kerja browser yang memangghil alamat URL tertentu. Dan di akhir dijelaskan bahwa memang tidak perlu untuk menggunakan www apabila server kita *rata-rata web server sekarang sih begini* diset untuk memutuskan bahwa jika dipanggil dari browser dan tidak ada prefix-nya maka otomatis domain akan mengarah ke IP address yang merupakan web server.

Lebih tidak perlu lagi kalau ternyata domain kita memang tidak punya layanan lain, semisal ftp.guyub.co.id, telnet.guyub.co.id, yang disimpan di server lain dengan IP yang berbeda, boro-boro IP berbeda IP hosting aja dipakai rame-rame hehee..

Btw, ini masih belum tentu benar, siapa tau ada yang punya info, tolong dishare disini dong🙂.

8 thoughts on “Penting gak pasang www di depan URL kita?

  1. Donny Kurnia

    Saya baru aja daftar di DreamHost, disana dikasi 3 pilihan terkait www sewaktu menambahkan domain :

    How do you like the www in your URL?
    1. Both http://www.domain.com/ and http://domain.com/ work.
    2. Add “www.” if somebody goes to http://domain.com/
    3. Remove “www.” if somebody goes to http://www.domain.com/

    Saya rasa ini sudah jadi standar de-facto di internet, bahwa nama domain utama pakai www, seperti dicontohkan web-web kelas kakap diatas.

    Sebaiknya domain utama diset agar pakai www ataupun tidak, akan mengarah ke web utama. Jika web hosting tidak menyediakan fasilitasnya, atau pakai Private Server, pasang aja .htaccess untuk ini. Banyak kok contoh scriptnya.

    Untuk sub domain, saya pilih setting menghilangkan www.

    Balas
  2. subair Penulis Tulisan

    Wah terima kasih infonya Mas Donny Kurnia.

    Mungkin judul saya yang ambigu, tapi semua website saya gak ada masalah kok, kalau orang cari dengan www didepannya atau tanpa www didepannya, semua hasilnya sama. Ini cuman masalah kenapa harus ngetik www, kalau tidak perlu.

    Untuk masalah keumuman, dengan alasan web kelas kakap pakai itu, alasannya kurang tepat karena, web kelas kakap itu punya tujuan khusus, semisal mereka harus memetakan server mereka yang berbeda-beda antara satu layanan dengan layanan yang lain, nah kalau dalam kasus domain kita hanya untuk digunakan website aja, saya rasa pemborosan untuk ngetik www di browser, padahal hasilnya sama saja begitu dibuka.

    *CMIIW*

    Balas
  3. subair Penulis Tulisan

    @Donny Kurnia: iya betul, keumuman orang masih menggunakan http://www.namasitus.com, untuk membuka namasitus.com. Yang umum kan tidak selalu benar dan kita juga harus mendidik user (termasuk kita), apasih sebenarnya www itu, apakah harus atau tidak.

    Kalau saya sih selama ini semua website saya bisa dibuka baik dengan www didepannya maupun tidak (sepengetahuan saya sampai saat ini, soalnya belum dites disemua sistem dan browser sih :D), akan tetapi jika ada yang tanya website saya, selalu saya kasih yang tidak pakai www, karena saya rasa tidak perlu.

    Balas
  4. M. Kisworo

    wah, teknologi memang ribet. ada yang ahli dalam bidangnya. saya kali termasuk yang gaptek. web seperti techbostonworks.com nyatanya jalan tak ada masalah. coba aja. tapi omong-omong, saya juga bingung mengklik techbostonworks.com yang tanpa www itu. ada apa ya? mengapa bisa? dan kalau http://www.techbostonworks.com, www-nya lenyap tetapi blog-nya kebuka. bagaimana tuh ya rumusnya. tolong dong ilmunya dibagi-bagi, ok? thanks.

    Balas

Tinggalkan Balasan

