Ingin Perusahaan Besar? Pakai FOSS

Bukan mau sok idealis atau gagah-gagahan kalau saat ini Bair bersama teman sedang merayap mencoba membuat perusahan Teknologi Informasi (TI) berbasis Free and Open Source Software (FOSS).

Terus terang kami betul-betul melihat pasar dan kesempatan yang besar kedepan, dimana era keterbukaan dan persaingan di dunia TI ini sangat terbuka lebar dengan adanya FOSS dengan Linux sebagai ujung tombaknya untuk saat ini. Perusahaan kecil dengan modal kecil, mempunyai peluang lebih besar untuk belajar, bermain dan bersaing dengan para raksasa industri IT.

Ok lah, memang saat ini usaha kami masih kecil, tapi cita-cita kami BESSAARR, yang kalaupun ternyata kedepannya kita tidak tahu bagaimana hasilnya (dan memang bukan urusan kita untuk menentukannya :D), setidaknya kami sudah melakukan perencanaan dan berusaha dengan sebaiknya sehingga kami mempunyai peluang ke arah sana, karena sudah berada di track yang tepat.

Terus ada yang bertanya, “Lho kalo punya cita-cita besar memangnya harus pake FOSS, Ir?”. Saya jawab, tergantung makna besar bagi kita itu seberapa dan seperti apa, kalo ternyata sudah merasa besar dengan keadaan paling mentok hanya dengan memakan sisa remah-remah perusahaan raksasa, karena harus tergantung dengan mereka dan mengikuti standar mereka saja, atau bahkan dengan kurang memperdulikan efek jangka panjang kepada kemandirian perusahaan atau bangsa, ..  mungkin jawabannya sih tidak harus.

Hmm.. kalau ada yang kurang mengerti Bair kasih contoh gamblang aja yah, mungkin gak Microsoft misalnya mau mengeluarkan produk development yang mengijinkan atau membuat peluang besar untuk kita bersaing dengan Microsoft sendiri yang bermain dari hulu ke hilir.

Saya yakin Google tidak akan besar jika memakai standar Microsoft🙂, coba bayangkan kalau Google pakai Windows Server, selain memang tidak tangguh *ini objective lho*, tapi kalaupun tangguh saya yakin pasti akan lebih repot, karena disini kelemahan paling besar untuk dihancurkan, toh kontrolnya dipegang si dia.

Contoh lain yang paling dekat adalah pastilah sulit produk corporate portal eBDesk (yang dirintis alumni-alumni ITB) bisa leluasa melawan Microsoft Sharepoint atau Oracle Portal, jika dia menggunakan platform atau teknologi yang dikuasai oleh Microsoft atau Oracle.

Tapi selain alasan untuk besar diatas, saat start up seperti sekarang ini, jujur saja tidak worthed untuk membeli perangkat atau tools yang biaya lisensi-nya mahal dan nantinya mengharuskan klien kami terpaksa membeli lisensi yang jauh lebih mahal lagi untuk menggunakan produk kami🙂. Padahal sekarang untuk developement tools di Linux sudah sangat lengkap dan tidak kalah canggih🙂, apalagi kalau memang mau meilih platform yang memang terbuka, seperti Java, PHP, Ruby, dll.

Sedangkan membajak ataupun membiarkan pembajakan, jujur kami takut .. takut tidak berkah, takut tidak sustainable, takut entar kualat dibajak juga hehehe…, dan takut-takut yang lainnya..

3 thoughts on “Ingin Perusahaan Besar? Pakai FOSS

  1. Ping balik: Guyub perintis Palembang Valley « Bair is a geek [??]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s