Waktunya Selamat Tinggal Mentari-Indosat Huhuhu..

Akhirnya kartu Mentari-ku sudah tidak pantas lagi dipertahankan, alasan romantisme karena ini adalah kartu perdana Bair sejak pertama kali punya handphone (hp) ketika kuliah dulu, tidak ada lagi apa-apanya untuk menutupi banyaknya kekurangan Mentari-Indosat.

Mulai dari biaya telpon dan SMS yang sangat tidak bersaing dengan vendor lain bahkan dengan saudaranya IM3 yang sama-sama Indosat, jaringan yang sibuk terus sampai-sampai sering sekali tidak bisa dihubungi (terutama setelah IM3 jadi murah) dengan informasi “katanya:tidak aktif”, “katanya:sedang dialihkan”, dll, hingga puncaknya dalam minggu ini dimana pulsa saya 2X dirampok.
Dirampok? .. mungkin agak kasar, tapi coba carikan saya kata lain🙂, kronologisnya begini;

  1. Pertama pada tanggal 27 November 2008, hp saya menerima konfirmasi telah mendapat paket bonus gratis nelpon 3600 detik ke sesama Indosat, dari 00:00-17:00. Saat mengecek pulsa *555# pun dengan jelas ada infomrasi tersebut “Pulsa Rp XXXXX & Bns SMS 0 sd 11.06.09. Pkt Ngobrol 3600dtk sd 17:00. GRATIS Ribuan Kali Nelpon ke-ISAT pk 00-17, dg telp Rp1000 ke-ISAT.”, akan tetapi ketika dicoba menelpon dari Makassar ke nomor Indosat di Palembang, tidak berapa lama pulsa seputar 35ribu habis, waktu itu saya pikir kesalahan dari saya dan kalaupun ada dari Indosat-nya paling kesalahan teknis saja.
  2. Pada tanggal 1 Desember 2008, saya kembali menerima pemberitahuan seperti no.1, dan lagi-lagi saya menelpon dari Makassar ke nomor Indosat Prabumulih, dan juga pulsa saya sekitar 20ribu lenyap. Nah disini pasti ada yang tidak beres ini..
  3. Langsung saya coba hubungi nomor 222 untuk bicara dengan customer service (CS) Indosat dan ternyata sekarang 222 itu hanya mendengarkan rekaman mesin, dan untuk ngobrol dengan CS Indosat itu harus menelpon 100 dan dikenai tarif 400/menit (cmiiw). Berhubung pulsa saya baru saja dirampok (lihat no. 2), saya terpaksa pakai telpon rumah dan bertanya ke 108, no kontak Indosat Makassar. Akhirnya dapat nomor kontak Indosat Makassar (0411-425374), tapi katanya untuk keluhan silahkan hubungi CS di nomor telepon 0411-310678.
  4. Akhirnya saya bisa komplain ke salah satu CS Indosat, setelah ditanya masalahnya dan saya jelaskan, saya kemudian disuruh menunggu dan dijanjikan akan dihubungi oleh mereka setelah keluhan saya diperiksa.
  5. Beberapa saat kemudian saya dihubungi dan diberitahu bahwa kesalahan saya adalah tidak menelpon dari asal saya membeli kartu (Jogja). Saya jelas tidak terima berhubung informasi ke HP yang saya terima tentang gratis nelpon tidak ada informasi syarat dan ketentuan berlaku. Setelah saya tanya berapa kali “jadi cuman begini kesimpulannya Mbak?”, baru kemudian Mbaknya janji akan berbicara dengan supervisornya.
  6. Setelah itu saya ditelpon lagi sekitar pukul 4 WITA, dan ditawarkan kompensasi berupa voucher sebanyak 25ribu. Tapi saya menolak, saya katakan kerugian saya lebih besar dari situ (Lihat No.1 + No. 2) dan yang kedua harus ada perbaikan dari Indosat untuk tidak lagi melakukan jebakan informasi seperti ini ke customer lain, dengan memperbaiki informasi telpon gratisnya, terutama yang dikirimkan ke pelanggan. Akhirnya CS Indosat janji akan menghubungi lagi.
  7. Beberapa saat kemudian saya dihubungi lagi, dan dikatakan bahwa pulsanya akan/sedang dikirimkan, saya tetap jawab tidak terima dan mengatakan sama seperti sebelumnya (lihat no.6). Disini saya dikasih kesempatan untuk mengeluarkan isi hati/masukan untuk Indosat, dan begitu hp saya tutup, eh ternyata pulsa 25ribu-nya sudah terkirim.
  8. Keesokan harinya nomor Mentari saya pensiunkan, saat ini lagi coba Simpati atau IM3, kemungkinan bulan depan baru bisa memutuskan mana yang akan jadi nomor permanen.

Kesimpulannya;

  1. Tanpa kejadian (perampokan) diatas pun nomor Mentari seharusnya tidak dipertahankan, masa’ untuk dapat semua fasilitasnya saya harus ngurus-ngurus atau malah harus pindah ke Jogja🙂.
  2. Pemberitahuan, untuk sementara No Bair yang sudah tetap adalah; XL: 08176583311 atau Esia: 07119158918. Sedangkan hp GSM saya yang satunya masih seleksi antara Simpati dan IM3 mana yang lebih menguntungkan🙂 (hmm.. atau ada masukan GSM lain???).
  3. Kita konsumen perorangan mungkin kurang diperhatikan secara langsung masukan/saran-nya untuk kebijakan produk/layanan vendor, akan tetapi kita punya hak istimewa untuk TAKE IT or LEAVE IT, ini juga berarti jika suatu waktu nanti ketika Mentari lebih profesional, bagus dan menguntungkan bisa jadi Bair juga kembali ke Mentari… *hmm harusnya PLN juga perlu saingan, biar kita juga bisa memilih vendor listrik hehhee…*
  4. Oh ya Bair juga mau minta maaf sama Mbak CS-nya, kalau waktu itu saya marah-marah, oh ya marah-marah itu untuk Mentari-Indosat kok bukan ke pribadi Mbak🙂.
  5. SEKALI LAGI Bair berharap kepada Mentari-Indosat agar memperbaiki semuanya, yang saya harap ini hanyalah ketidak sengajaan yang menyesatkan, mungkin karena malas panjang-panjang memberi tambahan kata-kata *Syarat dan Ketentuan Berlaku* di konfirmasi bonus gratis, dan bukan karena kesengajaan.

28 thoughts on “Waktunya Selamat Tinggal Mentari-Indosat Huhuhu..

  1. petthok

    Kasus seperti anda itu lebih sering bersifat kasuistis, artinya apa yang menimpa anda belum tentu menimpa orang lain. but anyway, itu bisa kita jadikan salah satu indikator tingkat profesionalitas vendor yg bersangkutan. kita customers memang punya hak istimewa seperti yang anda bilang “take it or leave it”, dan hak itu yang harus kita gunakan. ini selain menguntungkan kita customer, juga untuk menunjukkan superioritas customer atas ‘pedagang’ dalam sistem ekonomi pasar bebas. Biarlah pedagang-pedagang yang tidak profesional itu mati pelan-pelan tersaring oleh seleksi alam. Saya juga beberapa kali menjadi korban ketidak profesionalan pedagang. kira-kira hampir setahun yg lalu saya mengajukan permohonan utk berlangganan telkomnet instant 25 jam/bulan. hari itu tgl 28 januari dan saya minta agar account telkomnet instant saya aktif mulai Februari, staf telkom setuju dan memproses accaunt saya. namun beberapa hari kemudian saya kaget karena ternyata saya sudah ditagih biaya abonemen telkomnetinstan utk bulan januari. tentu saja saya komplain, namun yg bikin tambah jengkel ternyata komplain hanya bisa dilakukan dg membawa nota pembayaran rekening bulan januari. artinya saya mesti bayar dulu abonemen internet utk bulan januari baru saya boleh mengajukan komplain. nanti setelah komplain saya diterima baru uang yg sudah saya bayarkan tadi dikembalikan. itukan sangat birokratis. mereka sepertinya ‘malas’ utk mengecek kebenaran komplain saya. mereka benar-benar tidak memperlakukan saya sebagai customer sebagaimana mestinya. mereka sangat tidak profesional, aroma birokrasi khas pemerintah sangat kental terasa di pedagang yg memang BUMN ini. tapi bisa jadi justru mereka sedang menjadi orang pintar, karena mereka tahu saya tidak punya pilihan koneksi internet dari tempat saya selain telkom. artinya saya tidak mungkin pindah ke pedagang lain. yang bikin tambah jengkel pula, komplain hanya bisa dilakukan pada kantor telkom di kabupaten (kantor cabang) yg jaraknya 45km dari rumah saya. sedangkan kantor telkom dikecamatan (Kantor Unit) dimana saya tinggal yang terbilang sangat mentereng dan modern gedungnya ternyata tidak bisa menghandle komplain. saya harus ngebut mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kantor saya untuk mendapatkan 1 hari tidak masuk kantor. Itu baru satu kasus!. skrg saya mengalaminya lagi hal yang sama!. saat ini saya beralih ke speedy time based. speddy baru masuk ke wilayah saya. dari promosinya, bahwa saya akan mendapatkan gratis abonemen selama 2 bulan dan 50 % abonemen utk 4 bulan berikutnya. masalah yg saya alami bukan di diskon-diskon tsb. hingga 2 bulan saya resmi pakai speedy, ternyata abonemen telkomnet instan masih ditagih!!!. komplain?? silahkan lihat kisah yang pertama. hingga dua bulan ini saya belum bisa komplain. pekerjaan kantor terlalu padat untuk dikebut.

    Balas
  2. taufanlubis

    Coba Kartu Halo Hybrid, mas.
    Udah beberapa bulan saya pakai (sebelumnya XL, tapi kalo lagi basement suka nggak dapat sinyal).
    Nggak ada masalah, telpon, SMS dan internet ok.

    Balas
    1. a.lukman hakim

      List Complain:
      1. Saya gak tau sudah berapa lama trouble mentari yg saya gunakan, yg pasti pada saat interaksi telpon suara-nya mendengung (feedback) mohon koreksi Indosat.
      2. Menghubungi customer care “amat sangat susah” padahal sudah beberapa kali menghubungi dari HP atau PSTN ke semua nomor contact service Indosat, tetapi tetap saja gak bisa.
      3. Sekitar 2 minggu ini saya menerima layanan premium dari 9086, saya UNREG berkali-kali tetapi gak pernah berhasil, mohon bantuan indosat agar saya yang sudah 10 tahun menggunakan produk Indosat (Mentari) tidak “berpaling”. Ingat!!!! persaingan operator semakin ketat, kalau tidak di maintenace dengan tepat Indosat juga yg rugi.
      Sekian, terima kasih.

      Balas
  3. wafiq

    q juga pake mentari. tau sms dari 3433 merugikan la kok dibiarkan oleh mentari malah dikonco., JAMPUT sekali !. lha gak kepingin dikasih sms yang ngabisin pulsa kok ya dikasih terus. AWAS terima sms dari 3433 berarti pengurangan pulsa. Help gmn cara berhentiinnya?. send to my phone 081541241030
    thanks.

    Balas
  4. subair Penulis Tulisan

    @wafiq: Tentang SMS 3433, dapat dari Trendigit@l, kalau layanan 3433 ini sebenarnya kepunyaan kapanlagi.com yang menggandeng operator-operator termasuk Indosat. Apabila sebelumnya pernah registrasi, maka silahkan unsub aja dengan mengirim ke 3433: NAMA_PAKET_LAYANAN UNSUB, misal ST UNSUB

    Tapi kalo ga bisa-bisa juga atau mau lebih gampang, silahkan telpon customer service Indosat di tempat Anda atau langsung datang ke galeri Indosat terdekat, terus minta diberhentikan, hmm dan yang paling penting kalau ternyata sebelumnya merasa tidak registrasi minta ganti rugi aja🙂. Oh ya, ketika nyari di google, keluhan 3433 ini bukan cuman dari pelanggan Indosat, ada juga yang ngeluh dari operator lain.

    CMIIW ya ..

    Balas
  5. koswarasumaamijaya@yahoo.co.id

    saya juga pernah mengalami hal yang sama seprti yang saudara/i alami,dan saya juga memiliki 2 orang saksi,tetapi saya tidak melakukan pengaduan maupun tuntutan hukum perdata karena saya fikir2 bahwa : saya bagaikan kehilangan seekor ayam , namun akhirnya saya rugi seekor kerbau. terima kasih.

    Balas
  6. anti

    indosat yth. tolong ya sinyal mentari yang ada di daerah klaten, ja-teng ama daerah nganjuk ja-tim mohon dibeneri. soalnya udah hampir sebulan ini saya pengen telp ke daerah tersebut gak pernah bisa masuk, sekalinya bisa masuk baru 5 menit sudah mati, trus habis itu di telp lagi udah gak bisa lagi. gimana ni indosat yang gak ada sinyal itu sebenarnya yang daerang tangerang apa yang di klaten atau nganjuk ? saya menggunakan kartu mentari sejak tahun 2005. mohon segera di tindak lanjuti. Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

    Balas
  7. masdjarot

    Jangan apriori mas….., aku pake mantari sejak tahun 1997 tidak pernah ada masalah kok, gratis nelpon berkali-kali juga nggak bohong selama ini, mungkin anda yang lupa kali…gratis nelpon xxxdetik berlakunya 00.00 – 17.00 hari itu, jadi kalo anda nelpon jam 19.00 kemudian anda dapat pemberitahuan gratis nelon xxx detik itu sudah kedaluwarsa (artinya pemakaian gratisnya sudah berlalu jam 17.00 sebelmnya) jadi kalo anda nelpon pasti kena charge pulsanya,

    bukannya mau ngebelain mentari lho………

    kalo operator lain menurut saya lebih berbohong lagi………

    jangan karena menurut orang lain operator xxx lebih bagus dari mentari lantas……menjelek-jelekan mentari….

    Balas
  8. subair Penulis Tulisan

    @ masdjarot: Maaf Mas berdasarkan komentar Mas yang ada kata-kata “mungkin” dll, Mas gak baca bener-bener tulisan saya🙂, atau kalau sudah baca mungkin cara penulisan saya kurang bagus sehingga Mas gak ngerti.

    Saya gak bego-bego amat untuk tidak tahu jam 19.00 udah lewat dari jam 17.00 dan kalaupun saya bego, sudah pasti CS Indosat udah nyalahin saya yang bego karena gak tau jam.

    Silahkan baca lagi poin-poin diatas. Terima Kasih

    Balas
  9. eecho

    Info lengkapnya gratis2-an indosat :

    http://www.indosat.com/template/media/editor/content/i-Update-Feb2009.pdf

    Iya nih, klo sekarang kita nggak bisa langsung percaya isi iklan karena isinya benar-benar bisa menjerumuskan. Harus cek & ricek dulu sebelum menggunakan fasilitas promo & juga ketika memilih operator, masalahnya ketika ganti nomor banyak hal yang harus dikorbankan klo No kita dah dikenal oleh banyak sekali relasi.

    Klo sekarang mungkin solusi banyak kartu & mengetahui seluk beluk tiap promo operator akan membuat kita lebih hemat.

    Balas
  10. acer

    aq pake uda lama kok,, untung lum pernah ada maslah.. hehe.. aq uda 7,5 tahunan pake mentari.. bagus2 aja kok.. trz sekarang lagi pake 2 hape ni mas.. hehe.. 1 lagi tak isi m3 buat internetan paket internet.. beli 5rb bisa internetan 4 jem 10 menit.. mantebbb.. hehehe

    Balas
  11. hugo

    mentari memang payah…. program”nya nggak pernah menguntungkan pihak konsumen….
    buat direktur indosat, kasih dong program yg bermanfaat bagi mentari biar konsumen merasa terpuakan… kan dari dulu mentari terkenal dengan mahalnya bukan dengan keunggulannya

    terimah kasih
    (hanya sedikit keluh kesah dihati)

    Balas
  12. Jiman

    Saya pelanggan Mentari kena tipu dan perampokan pulsa 9910 indosat. Udah puluhan kali UNREG tapi SMS sampah membanjiri HP terus. Hingga akhirnya pulsa saya dirampok habis.

    Balas
  13. saepul

    Benerrrr
    modus konten-konten sialannnnnn….!!!!! dan ga berguna…bikin pulsa habis tuh…

    tolong benahin diri tuh…

    Balas
  14. mely

    benar bgt..mentari g jg gt.skrg da beralih xl.ga ribet.ga bhx.ga percya?pake dhe..apa2an mentari nelpon bentar aja mahal amit.iklan semua bhx belaka,tarif mahal,sinyal gaje bgt

    Balas
  15. melizza liezz

    Ia bner bgt tuh gw ngrsa rugi pk mentari indosat..iklanya bulshit bgt..kty ngisi paket mentari baru untk smartpone dpt kuota1.5 Gb,gratis sms dan grattis nelpon. Tp pas dgunain ga bisa trnyta ga dikasih tau pas regristrasi kalu ada waktu pmakaian bonus dan trnyata jga stlah cek kuota sy cuma dpt 750MB trus wktu saya cobain bonus dijam yg brlaku ttp aja ga bisa bisa.butut bgt sy ngrasa rugi gnti mentari mana no cust service ga jelasmahal pula nelp cust servisny.sy mw komplain.nyesel sy pk mntari indosat.butut.

    Balas
  16. gepeng mj

    bener bener apes nih pakai mentari udah di belikan paket dsta yg unlimited malah datanya lelet ini isinya error melulu…di komplain tetep aja…indosat bener bener kagak sehebat iklannya….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s