Fasilitas Test Memory Live CD Ubuntu

Mungkin Bair yang katro’ karena baru tau ini, tapi gak papa deh disharing aja, siapa tau ada yang butuh *dan juga katro’ hehehe*. Ini tentang fasilitas “Test Memory” dari Live CD Ubuntu.. (mm.. di Live CD distro lain juga rata-rata ada kok).

Jadi ceritanya seminggu yang lalu Bair mo make’ PC lama yang nganggur di kantor. Berhubung ada 2 PC yang nganggur, dan yang diperlukan cuman 1 aja, maka pinjam aja RAM dari PC yang satunya. Jadinya PC yang akan diinstal RAM-nya 1024 MB, hasil gabungan 3 RAM (512MB di slot 1, 256MB di slot 2, dan 256MB di slot 3).

Setelah instal Ubuntu Hardy LTS pakai live CD, langsung aja dicoba nginstal aplikasi macam-macam. Eh gak tau kenapa komputernya hang, dicoba lagi hang.. ckckck.. kok bisa. Tapi terus terang saja saya gak curiga dengan Ubuntu, emangnya OS tetangga hehee..

Bair langsung curiga ada masalah dengan hardwarenya, apalagi sudah cukup lama tidak dipakai. Yang pertama kali dicek adalah processor-nya, mungkin kepanasan kali, karena kotor dll. Langsung aja ke synaptic dan search dan install tools untuk monitoring temperatur processor *lupa namanya waktu itu*. Setelah itu dicoba jalankan lagi, dan informasi temperatur processor menunjukkan normal-normal saja, berkisar antara 30-50 derajat, tapi tetap saja hang lagi.

Akhirnya chating dan tanya ama Mas Agus, katanya kemungkinan itu ada kerusakan pada RAM-nya, dan disaranin untuk tes pakai Test Memory yang ada di Live CD Ubuntu. Terus terang saya baru tahu hehehe… tapi katanya coba aja caranya mudah.

Jadi sekedar gambaran, begitu booting lewat Live CD, di awal nanti ada 5 pilihan, nah .. pilih aja “Test Memory”.

testmemory

Test Memory (ke 4 dari 5) untuk melakukan test RAM

Setelah masuk, maka RAM kita akan langsung diuji dengan sejumlah test yang nantinya akan dilaporkan dalam bentuk daftar tabel. Jika nantinya ditemukan kerusakan pada RAM, maka akan ditampilkan informasinya, termasuk letak alamat kerusakannya.

Hasil Test Memory

Hasil Test Memory, tulisan yang di-block merak merupakan daftar yang rusak

Nah kalau kita melakukan tes untuk PC yang memiliki beberapa RAM *seperti kasus saya*, kita lihat saja alamat rusaknya. Pada kasus PC saya sebagaimana susunan RAM yang saya sebutkan di awal, maka *cmiiw ya*;

  • jika ada daftar kerusakan di alamat antara 0-512 MB, maka RAM I rusak,
  • jika ada daftar kerusakan di alamat antara 513-768 MB, maka RAM II  rusak,
  • dan jika ada daftar kerusakan di alamat antara 768-1024 MB, maka RAM III rusak,

Ternyata daftar rusaknya bejibun *huhuhu*..  berkisar pada 0 MB – 500 MB, berarti kerusakan *hanya* terjadi pada RAM pertama saya yang ukurannya 512MB. Akhirnya ketika RAM yang rusak diganti “Alhamdulillah” sampai sekarang PC tersebut sudah tidak pernah hang lagi..🙂 *biasa aja dong Ir.. hehee*.

3 thoughts on “Fasilitas Test Memory Live CD Ubuntu

  1. subair Penulis Tulisan

    @rotyyu: wah gak tau🙂, kmarin cuman 1GB lumayan lama, gak diitung pastinya, soalnya ditinggal, hmm tapi kayaknya gak usah ditunggu selesai, biasanya kalau udah masuk test diatas belasan itu udah lumayan kelihatan hasilnya🙂.

    @milisdad: Hehee.. iya, maklum barang lawas🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s