Stop mengatakan FOSS itu Perangkat Lunak Nirlisensi !!!!!

Sedang baca buku yang sebenarnya sudah lama dibeliin Adek di Bandung, judulnya adalah “Belajar Manajemen dari Perusahaan Peranti Lunak Nirlisensi”. sebuah buku yang sebenarnya isinya cukup bagus. Tapi ada yang penting yang harus Bair koreksi disini, yaitu penggunaan istilah Perangkat Lunak Nirlisensi (tidak mempunyai lisensi) oleh penulis untuk merujuk ke Free and Open Source Software (FOSS).

Bair benar-benar gak habis pikir kenapa penulis bisa melakukan kesalahan yang sangat fatal dan mendasar dengan menyebut FOSS dengan nirlisensi, padahal kalau baca bukunya begitu banyak mengutip referensi tentang sejarah dan filosofi FOSS ini. Dan anehnya disampulnya juga ada kutipan pujian dari seseorang yang merupakan anggota Konsorsium IGOS-SDN lagi, harusnya kan sempat dibaca oleh anggota Konsorsium IGOS-SDN ini… ck ck ck..

Pantas saja kalau ada orang-orang yang gak mau mengikutkan FOSS semisal Linux dalam tender-tender resmi pemerintah dengan alasan lucu bahwa “Linux gak punya lisensi”, sedangkan yang berkecimpung didunia ini saja masih kepleset… Apa karena FOSS itu source-nya boleh dipelajari, dan dikembangkan bersama bahkan ada yang bolehin perangkat lunak buatannya digunakan secara gratis tis tis.. maka langsung saja kita telanjangi bahwa perangkat lunak tersebut tidak punya lisensi.

Hmm bahasa Inggris saya mungkin pas-pasan tapi bisa nerka-nerkalah kalau license itu adalah grant permission tidak selalu harus ada hubungannya dengan uang atau aturan khusus yang harus sama antara satu lisensi dengan lisensi yang lain. Mungkin untuk gambaran, pada taukan kalo orang luar ngomong SIM (Surat Ijin Mengemudi) itu adalah Driving License yang dengan sangat jelas bermaksud surat ijin untuk mengemudi. Nah aturan pengeluaran SIM di tiap negara kan beda-beda, bisa jadi di Indonesia untuk mendapat surat ijin mengemudi tersebut kita harus mengikuti aturan tertentu dan membayar sejumlah uang kepada pihak yang mengeluarkan surat ijin tersebut. Nah apakah jika ada sebuah negara mengeluarkan “driving license” tersebut, tapi karena tidak mensyaratkan orang untuk membayar, atau aturan tertentu yang sama dengan negara lainnya kita bisa bilang di negara tersebut untuk mengemudi tidak punya surat ijin (lisensi).

Sama seperti dalam perangkat lunak, jika saya membuat suatu perangkat lunak, dan membuat/memilih aturan ijin penggunaan (lisensi) dari perangkat lunak saya menggunakan standar free software, apakah perangkat lunak saya itu tidak mempunyai lisensi??? Bahkan kita semua tahu bahwa amat sangat banyak sekali lisensi yang digunakan dalam perangkat lunak bebas, seperti The GNU General Public License, The GNU Lesser General Public License, The Cryptix General License, The Berkeley Database License, The Zope Public License version 2.0, The Apache License, Version 1.0., The original BSD license., dan banyak lagi (lengkapnya bisa dilihat disini).

Terus masih pas untuk bilang FOSS nirlisensi???? Kalo alasannya adalah sulitnya mencari padanan kata yang pas untuk menaungi Free Software dan Open Source, kenapa tidak gunakan istilah FOSS, FLOSS, atau F/OSS saja yang walaupun tidak mutlak diakui akan tetapi setidaknya lebih umum dan jauh lebih aman dari kemungkinan menimbulkan persepsi keliru yang fatal.

Oh ya, kalau mau lebih lengkap tentang lisensi dan teman-temannya bisa baca tulisan Mas Romi juga tentang ini.

*CMIIW*

6 thoughts on “Stop mengatakan FOSS itu Perangkat Lunak Nirlisensi !!!!!

  1. subair Penulis Tulisan

    @Romi Satria Wahono: Wah makasih banget dah singgah Mas🙂. Memang agak vulgar sih, tapi mudah-mudahan ditanggapi dengan baik, jujur saja ekspresi kaget dan heran di tulisan ini gak dibuat-buat, betul-betul karena gak nyangka aja. Di lain pihak buku ini cukup bagus, dengan banyak memberi informasi berguna, jadi sayang kan kalo gak jadi direferensikan karena ada kesalahan istilah yang fatal, sedangkan buku bahasa Indonesia yang isinya tentang sejarah dan filosofi FOSS seperti ini sangat jarang.

    @Pank: Hehee.. ada-ada saja Pankostrad

    @Indra: Mungkin untuk memperoleh referensi awal yang lengkap bisa menelusuri link-link informasi dimulai dari http://en.wikipedia.org/wiki/Free_and_open_source_software

    Balas
  2. Ping balik: Ingin Jadi Perusahaan IT Besar? Pakai FOSS « Bair is a geek [??]

  3. Ping balik: Sudah Waktunya Ada Pelajaran Khusus HKI di Sekolah « BairBelajar# Free/Open Source Software >> Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s