Yuk Bantu Proyek Buku Gratis Diknas

Alhamdulillah sekarang pemerintah lewat Diknas-nya telah membuat suatu trobosan dengan menyediakan buku gratis dalam bentuk e-book yang bisa di download (Proyek Buku Sekolah Elektronik). Walaupun masih ada kekurangannya🙂, maklum masih berjuang melepas tipikal yang lama, tapi kita harus fair dan harus memberi apresiasi setidaknya sudah ada itikad baik dari pihak pemerintah kita.

Postingan kali ini Bair coba untuk menangkap 2 keluhan utama dari teman-teman tentang kekurangan proyek buku pendidikan ini, tapi kalo ini diusahakan untuk lebih fokus pada pemecahan masalahnya, tentunya sesuai kapasitas dan kemampuan Bair yang cakep hanya rakyat jelata.

2 isu/masukan/kritik utama yang muncul terhadap proyek ini adalah;

1. File buku-buku yang disediakan untuk di download ukurannya gak kira-kira, bayangkan saja sampai ratusan MB (MegaByte) ukurannya Ir, misal buku Matematika untuk SD kelas 1 yang ukurannya 399 MB, kok gak dikompresi sih ama pihak Diknas, mana website lelet, bahkan halaman utamanya http://bse.depdiknas.go.id/ saja sering tidak bisa diakses. Coba bayangkan bagaimana teman-teman di daerah yang akses internetnya sangat amat terbatas, bisa-bisa download seharian untuk 1 buku, kalo gak gratis downloadnya aja bisa jadi lebih mahal dari buku cetak tuh Ir.

Iya, emang itu juga yang Bair tangkap, makanya setelah tanya om Google ternyata langsung dapat beberapa solusinya. Salah satu solusi paling bagus adalah dari info yang Bair dapat dari blog teman-teman yang lain, bahwa Pak Tri dari InVirCom sudah berbaik hati untuk meluangkan waktu tanpa dibayar untuk mendownload semua buku tersebut, kemudian melakukan kompresi (yang gak sulit sama sekali, tapi gak tau kenapa tidak dilakukan oleh Diknas), dan kemudian e-book gratis itu dipasang di URL http://bse.invir.com/ untuk di-download. Hasilnya pun sangat amat memuaskan sekali, selain server-nya yang lebih cepat (entah karena kualitas server-nya yang lebih bagus, atau karena memang masih jarang yang download lewat sini) ukuran berkasnya juga keren banget, misalnya buku matematika yang disebutkan diatas yang ukurannya 399 MB, setelah dikompresi hasilnya cuman 11,168 MB.

2. Nomor 1 sih udah lumayan OK, tapi kan yang kita dapat baru dalam bentuk e-book, dan harus dibaca di komputer. Sedangkan gak semua orang kan punya komputer (baca PC) untuk membaca buku ini, jadi kita harus print. Masalah terbesar lainnya adalah saat harus print di beberapa rental komputer harganya bisa sampai Rp. 1000 per lembar, nah kan jadinya bisa lebih mahal lagi, coba bayangkan kalo isi bukunya sampai ratusan, kan bisa ratusan ribu.

Hmmm… iya juga sih. Solusi paling bagus sih, tiap sekolah atau siapapun orang yang punya kemampuan untuk mengunduh dan mencetak buku ini sangat dianjurkan untuk membuat master yang siap dipinjam (tentunya gratis) untuk di foto kopi oleh orang yang butuh. Walaupun foto kopi jatuhnya masih agak mahal untuk beberapa tempat, akan tetapi masih jauh lebih murah dari print di rental komputer apalagi warnet.

Itu dulu mungkin dari Bair, dan sebagai kontribusi seadanya, Bair bersedia membantu teman-teman atau siapapun di Palembang dan sekitarnya untuk solusi No 1 (download file e-book) dan No 2 (buatkan master buku yang siap di-fotokopi) secara gratis bagi yang berada di Palembang dan sekitarnya. Silahkan saja kontak Bair, dan kasih informasi-informasi yang dibutuhkan seperti identitas, buku apa yang dibutuhkan dan lain-lain termasuk tentunya dengan janji bahwa nanti e-book ini tidak akan digunakan untuk komersil apalagi minta bayaran kalo ada teman-teman lain yang mau copy.

Gimana, ada teman-teman yang mau ikut-ikutan jadi tempat copy center e-book ini untuk cover daerah sekitar masing-masing? Kalo ada silahkan saja tulis nama dan alamat kontaknya di kolom komentar.

nb: Ya..ya.. saya tahu solusi terbaik sebenarnya adalah dengan memperbesar kepemilikan atau akses terhadap komputer dengan akses internet yang layak yang murah atau kalau bisa gratis🙂

6 thoughts on “Yuk Bantu Proyek Buku Gratis Diknas

  1. mizzwanda

    hmm..
    memang sih,pemerintah khususnya diknas layak dapet jempol kali ini, karena yang saya tau,diknas sudah membeli 49 hak cipta dari 16 mata pelajaran..tapi..kok terkesan setengah-setengah ya..maksud saya, diknas sudah berupaya memberikan solusi, tapi tetap saja ada masalah lain yang menyusul dari teknologi ini.
    well..
    semua niat baik memang ada ujiannya,
    semoga aja segera ada jawaban dari sedikit kendala dalam memperoleh fasilitas ini.

    salut untuk Bair, nih.. =)

    Balas
  2. shinta

    Saya mengalami kejadian serupa mengalami susah download, dan jika berhasil hasilnya lumayan lama.
    Terlepas dari koneksi yang dipakai (speedy, kabelvision, dll), jika kita lihat dari ukuran filenya, ternyata besar2…, padahal sebatas pengalaman saya, ketika mendownload ebook hasil ‘produksi’ dari luar sana, yang bahkan jumlah halamanya sampai di atas 1500 hal (buku teksbook) tidak sebesar jumlah file dari buku-buku depdiknas.
    Mohon untuk pihak depdiknas, untuk memperbaiki metode konversi format pdf (or apapun istilahnya) agar masyarakat dapat benar-benar dipermudah.
    Terlepas dari masalah ini, saya salut pada depdiknas dalam mengambil langkah cukup spektakuler ini.
    Jika hal ini dibiarkan, kasihan saudara2 kita, yang koneksi internetnya masih lelet, apalagi yang masih pake dialup.
    Terima kasih.

    Balas
  3. Curhat Bebas

    uhmmm.. proyek buku sekolah elektronik..

    proyek ya..? proyek..
    hmmm..
    *trauma dg kata ‘proyek’ untuk program pemerintah mode on..*

    proyek ini.. apakah proyek akal2an plus bagi2 untung untuk memperkaya beberapa gelintir org tertentu..?
    *masih trauma kata ‘proyek’ mode on..*

    proyek ini.. apakah bakalan memberatkan orang tua murid lagi, dalam arti menjadi beban baru bagi orang tua murid, yg lebih spesifikasinya lg : bikin tambah besar biaya pendidikan yg harus dikeluarkan orang tua murid..?
    *ketar-ketir mode on..*

    proyek ini.. apakah bisa sampai ke pelosok desa..?
    *harap2 cemas mode on..*

    proyek ini.. apakah efektif diterapkan di negara kita & beneran berguna buat rakyat..?
    *sangsi mode on..*

    proyek ini.. apakah akan menghabiskan biaya besar dalam anggaran negara kita..?
    *bertanya2 mode on..*

    itu aja sih pertanyaan yg timbul di benak saya.. ga papa kan..

    yah, slamat deh kepada pemerintah untuk proyek barunya..

    Balas
  4. mcloud

    he euh nya..susah pisan di unduh teh…kumaha yeuh, biologi kelas 1,2,3 smanya teh ada ga ya? jigana yang ada teh cuma bahasa, matematik sama ipa sd……salam lieur wae ka urang bandung nu ngahuleng jiga urang……

    Balas
  5. Syafiudin

    Kami memberikan yg terbaik dan termurah untuk siswa, guru & sekolah. Kunjungi kami di http://www.edu-media.org untuk mendapatkan CD BSE PT.Edu Media.
    Beberapa kelebihan BSE Edu ini dibandingkan dengan media asli yang terdapat di situs depdiknas.go.id adalah sebagai berikut:

    * Sebagai alternatif bila kesulitan men-download dari situs web depdiknas (dikemas dalam keping CD)
    * Autorun dan fullscreen
    * Dilengkapi menu / daftar isi sesuai pokok bahasan
    * Dilengkapi audio / musik latarbelakang yang bisa diatur volumenya
    * Paket cd dikemas sesuai tingkatan kelas di tiap jenjang pendidikan
    * Satu keping cd berisi 3 sampai 4 judul buku
    * Dilengkapi fasilitas cetak dan pencarian teks

    Balas
  6. setianto

    saya sudah download file iso BSE dari kambing, ada 3 DVD (lebih kurang 12 GB)

    memang harus dibuatkan master untuk bisa di fotokopi oleh siswa, atau ada percetakan yang berbaik hati untuk memberikan harga yang sangat murah, dengan alasan beramal demi pendidikan di Indonesia dan membantu siswa yang kurang mampu.

    atau sekolah mengeluarkan dana untuk membeli printer yang bandel, kemudian dikasih tinta infus, untuk mencetak buku2 tersebut. kemudia para siswa bisa fotokopi.

    kalau untuk yg memang harus bergambar, mungkin bisa menggunakan jasa percetakan

    pada intinya saya siap membantu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s