Download Flash Video dari Youtube dan kawan-kawan di Linux

Temanku ada yang nanya “Gimana sih Ir cara download video dari Youtube atau situs-situs video lainnya?”, hmmm.. selama ini sih kalau mau ambil video dari Youtube di komputer yang pakai Linux, saya tinggal putar saja video yang diinginkan lalu tinggal ambil file videonya yang bertipe Flash Video (ffmpeg) di temporary (di Linux default-nya di /tmp).

Bagi yang pengen coba, nih untuk praktek Bair sengaja pasang video tentang “Ubuntu+Compiz Fusion” dari Youtube yang ukurannya kecil di bawah ini;

Pertama jalanin videonya, nahh.. setelah video selesai diputar (atau di-download, liat aja ada tandanya juga di timebar) dan sebelum menutup halaman ini di browser (Firefox, Opera, dll) anda, langsung aja copy file Flash Video (ffmpeg) yang ada di /tmp anda ke tempat lain, soalnya begitu halaman ini ditutup semua file temporary yang berkaitan dengan halaman ini yang ada di komputer lokal kita (/tmp) akan dihapus *makanya dibilang temporary*.

Flash Video di /tmp

Hmm harusnya sih bukan cuman di Sistem Operasi Linux cara ini bisa dipakai, soalnya metode untuk mutar video di browser kan emang gini, kecuali pakai video streaming, atau cara lain, jadi tinggal cari tau aja si Sistem Operasi kita nyimpan file temporary-nya di mana *CMIIW*.

4 thoughts on “Download Flash Video dari Youtube dan kawan-kawan di Linux

  1. Farid

    Ada yang mudah nie, makai CLI, download aja aplikasi youtube-dl.
    makai
    $apt-get install youtube-dl

    kemudian di terminal, ketik aja

    $youtube-dl [link video]

    [link video] diisi link dari youtube, misal

    ntar hasil nya akan tersimpan di folder Home anda dengan tipe file tetap *.FLV.

    klo mo konversi tinggal nyari aja aplikasi buat konversi serta jangan lupa librari-librari pendukungnya buat muter mulmed di *nix.

    Semoga bermanfaat.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s