Tranzda Hp DualMode berbasis Linux, pernah dengar gak?

Kalo belum pernah dengar, sama aja hehe, saya juga baru tau kemarin waktu baca koran Sriwijaya Post, lihat iklannya yang tidak begitu besar dan bukan di halaman strategis, hmmm isi iklannya kira-kira begini “Tranzda Smartphone Dual Mode GSM dan CDMA berbasis Linux”.

Tranzda

gambar dicomot dari sini

Walaupun sebenarnya Hp berbasis Linux sudah cukup banyak seperti Motorola, tapi lumayan juga ada pemain betul-betul baru *cmiiw, atau udah lama cuman Bair saja yang tidak gaul?* dalam dunia persilatan ICT. Karena penasaran akhirnya malam ini Bair keliling-keliling cari info tentang si Tranzda ini, dan akhirnya saya menemukan website Tranzda yang berbahasa Inggris dan China.

Shen zhen Tranzda Mobile Co., Ltd. is a high tech enterprise which is specialized in smart phone production, ID/MD design, hardware, software and operating system (LINUX OS) development.

China? ya.. jelas pakai bahasa China (Mandarin ya?) karena Tranzda ini memang perusahaan dari negeri tirai bambu sana, negara yang produksinya karena kebanyakan murah sering langsung kita cap imitasi atau semacamnya. Padahal kita tahu bahwa penyebab barang-barang China bisa murah salah satunya didongkrak oleh nilai tukar mata uang Yen yang memang sengaja dipasang lebih rendah dari mata uang lain, sehingga kalau ditransfer ke mata uang lain jadinya bisa murah banget.

Ngomong-ngomong tentang produk China, jadi ingat salah satu teman yang sempat antipati sama produk China🙂, katanya mutunya kelas 2 lah dsb heheh, tapi pas beli laptop ternyata laptopnya Lenovo hehehe..

Dalam kasus Tranzda yang menggunakan teknologi berbasis Linux ini tambah lagi penghematan terutama di biaya risetnya, dimana dengan FOSS Tranzda setidaknya tidak perlu lagi mengirim upeti untuk mendapatkan spesikasi standar ke pihak yang punya teknologi, serta bisa memangkas siklus riset dimana tinggal melanjutkan dan tidak mulai betul-betul dari Nol.

Intinya cuman kagum aja, dan jadi termotivasi untuk mengejar mimpi membuat perangkat-perangkat embedded berbasis Linux dan Free and Open Source Software (FOSS). Emang FOSS bikin persaingan di dunia teknologi informasi jadi lebih asyik😉.

nb: Bagi yang mau tahu lebih tentang produk Tranzda, bisa lihat bahasan di LinuxDevice.com.

5 thoughts on “Tranzda Hp DualMode berbasis Linux, pernah dengar gak?

  1. subair Penulis Tulisan

    Saya terus terang gak bisa jawab, soalnya sangat tergantung dari sisi mana dan standar mengecewakannya juga pasti berbeda-beda.

    Untuk dari sisi pembeli atau user, mungkin kepuasannya apabila harga belinya sebanding dengan manfaatnya, tidak cepat rusak, dukungan pasca jual dan lain sebagainya. Tentunya untuk tahu ini kita harus coba🙂, dan sayangnya saya belum pernah coba, hanya baca-baca review-nya sehingga tidak bisa kasih komentar disini ..

    Tapi dari sisi saya sebagai komunitas FOSS dan pengembang, ini sebuah hal yang sangat tidak mengecewakan🙂.., dimana menjadi bukti nyata sekaligus dorongan untuk bisa segera berkarya dengan FOSS, dan tidak jadi pasar dari luar negeri saja ..

    Hmm.. tapi siapa tau ada yang sudah coba, atau malah distributornya yang di Indo sempat nyasar kesini dan mau menjelaskan sekaligus promos, atau yang lain, disilahkan… ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s