Acer akan bertaruh besar-besaran dengan Linux

Begitulah kira-kira judul berita yang ada di ITNews yand diperbincangkan di Slashdot. Disitu diceritakan bahwa ada pernyataan dari pihak Acer, salah satunya adalah Gianpiero Morbello (Vice President of Marketing and Brand)

“We have shifted towards Linux because of Microsoft. Microsoft has a lot of power and it is going to be difficult, but we will be working hard to develop the Linux market.”

Mengenai Acer, 2 alasan kenapa mereka memilih Linux ini adalah masalah “operation”;

Its flavour of Linux will boot in 15 seconds compared to minutes for Windows, and the open source operating system can extend battery life from five to seven hours.

dan “cost” sebagai mana dikatakan oleh Managing Director Acer UK;

“Microsoft’s operating system typically costs around £50 per unit. On a £1,000 PC that is peanuts, but on a £200 computer it is a major issue.”

Hmm kita lihat saja bagaimana implementasinya, apakah mampu Acer bertahan dari tekanan atau godaan raksasa perangkat lunak Microsoft, atau jangan-jangan ini hanya strategi dagang biar bisa menekan Microsoft di kesepakatan selanjutnya ? hehehee.. mbohlah yang pasti para kapitalis walaupun punya strategi untuk membuat dan menciptakan pasar, tapi pasti juga akan mengendus dan mengikuti pasar yang ada.

Jadi sudah saatnya kita sebagai pasar dalam hal ini memilih mana yang membuat kita merdeka🙂 (baca Linux dan konco-konconya di FOSS).

3 thoughts on “Acer akan bertaruh besar-besaran dengan Linux

  1. eshape

    Dulu makai linux rasanya kok jadi manusia aneh, ternyata sekarang masih juga belum dianggap biasa.

    Meski begitu, sudah mending tidak ada lagi yang nanya begini,”linux itu apaan sih? jalannya di win 95 atau XP?”

    Aku sih akhirnya milih dual boot, biar orang yang minjem laptopku tidak merasa dikasih barang “aneh” yang mirip windows.

    Soal booting dan shutdown, emang linux ubuntu ME sangat nyaman. Prosesnya sangat cepat, jauh lebih cepat dibanding XP.

    Vista memang cepat juga, tapi rasanya masih lebih cepat linux deh…

    Linux terus bebenah dan semakin cantik hasilnya, tapi untuk menjadi nomor satu kayaknya masih perlu proses yang panjang.

    Pemasaran Microsoft memang luar biasa. Bagaimanapun aku harus memberi acungan jempol untuk model pemasaran dari Microsoft.

    Salam

    eshape

    Balas
  2. utchanovsky

    Support dari Windows emang paling top. Linux yang “free” agak keteteran dalam hal ini (musti rajin oprek2 sendiri n googling).

    Tapi untuk FIGHT AGAINST DOMINATION….

    belajar ngoprak-ngoprek sendiri jadi deh😀

    Balas
  3. subair Penulis Tulisan

    Thanks dah mampir🙂

    Emang harus diakui marketing dari Microsoft emang jago. Kita orang TI (termasuk di Linux) harus diakui masih sering pakai pendekatan teknis hehehe, padahal kan kita juga kalo mo beli oli kadang gak paham kalau dikasih penjelasan pakai bahasa kimia organik yang terkandung dalam oli tersebut hehehe..

    Btw, saya kebetulan belum pernah beli lisensi dari Windows ataupun produk propietary yang lain, dulu soalnya dibeliin ama kampus (eh UGM sewa doang ding), ama dibeliin kantor. Hmm ada yang bisa kasih gambaran cukup detail gak tentang support apa yang kita dapat kalo beli, misal kalo kita ada masalah atau tidak ngerti dibantu atau kalau ada bugs dibenerin, dan berapa hari biasa SLA-nya (Service Level Agreement)? Siapa tau bisa dicontek🙂

    @Mas Eshape: kalo temannya minjam, kasih pinjam Notebook yang ada Linux-nya aja, kan biar kenalan, pinguinnya gak gigit kok..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s