Laporan dari HRP SumSel di SMA 3 Unggulan Prabumulih

Alhamdulillah, HRP SumSel bisa terselenggara dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan (selamat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dan membantu). Peserta yang hadir juga cukup banyak, sekitar lebih dari 100 orang yang terdiri dari siswa-siswi SMA 3 Unggulan Prabumulih dan teman-teman komunitas.

Demo Instalasi

Acara yang merupakan kerjasama antara komunitas Ubuntu di Sumatera Selatan dan pihak SMA 3 Unggulan Prabumulih Sumatera Selatan, dimulai sekitar pukul 9 pagi di ruang serbaguna SMA 3 Unggulan Prabumulih. Jalannya acara dijalankan dan diatur sepenuhnya oleh siswa-siswi SMA 3 Unggulan Prabumulih, dan Pak Bagus Bintang Soekarno (Guru SMA 3 Unggulan Prabumulih).

Peserta HRP dari siswa siswi SMA 3 Prabumulih

Adapun susunan lengkap dari acara HRP SumSel adalah sebagai berikut;

  1. Sambutan dari Kepala Sekolah SMA 3 Unggulan Prabumulih Bapak Karwono sebagai wakil dari tuan rumah.
  2. Sepatah kata dari Bapak Junaidi (Diknas Propinsi Sum-Sel) yang kali ini mewakili dari pengguna dan komunitas Ubuntu.
  3. Perkenalan dari teman-teman komunitas yang datang dengan seluruh siswa-siswa SMA 3.
  4. Materi I “Pengenalan FOSS” oleh Muhammad Subair.
  5. Tanya Jawab (Alhamdulillah banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta, menandakan antusiasme dari para peserta).
  6. Materi II “Demo mudahnya instalasi dan menggunakan Hardy” oleh Agus Syafiudin.
  7. Quiz berhadiah bagi para peserta🙂

Sebagian komunitas Ubuntu SumSel yang hadir

Acara diakhiri pada pukul 12 siang dan dilanjutkan dengan ngobrol-ngobrol dari komunitas yang hadir, dan walaupun tidak terlalu serius ada beberapa hal penting yang dihasilkan. Insya Allah dimulai dari kita yang hadir akan membentuk komunitas bagian dari Ubuntu-ID di Sumatera Selatan.

Kita ingin agar komunitas ini tidak hanya sekedar nama atau justru pamer nama dari orang-orang yang didalamnya. Jadi disepakati bahwa Ubuntu-ID Sumatera Selatan ini formatnya tanpa susunan kepengurusan struktural, yang ada hanya para anggota yang semuanya penanggung jawab. Sedangkan kepengurusan akan diberikan pada setiap event yang komunitas adakan.

Komunitas Ubuntu-ID SumSel ini juga belum akan mendaftarkan diri sebagai SubLoco resmi ke Ubuntu-ID pusat, hal ini dikarenakan kita akan menguji dulu 1-2 bulan, jalan atau tidaknya kegiatan kita baik yang regular atau tidak. Untuk memulai ini jadwal terdekat adalah;

  • Sharing rutin sebulan sekali pada hari Sabtu paling akhir di tiap bulannya yang akan dimulai pada bulan ini yaitu Sabtu, 31 Mei 2008, bertempat di Guyub, Jl. KHA. Dahlan No. 74 Palembang, Sumatera Selatan. Bagi yang mau datang, silahkan konfirmasi saja ke msubair@gmail.com atau syafiudin@gmail.com. Fyi, materi bulan ini adalah Web Server di Ubuntu, bagi teman-teman yang mau hadir agar setidaknya mempersiapkan diri semampunya🙂 (kalau gak ya gapapa juga) untuk materi ini, agar yang terjadi bisa sesuai keinginan kita adalah sharing🙂.
  • Atas permintaan dari siswa-siswi SMA 3 Unggulan Prabumulih untuk membentuk semacam Kelompok Studi Linux (KSL) SMA 3 Unggulan Prabumulih dengan pembina oleh Pak Bagus Bintang Soekarno (Guru SMA 3 Unggulan Prabumulih) yang disupport oleh komunitas khususnya Pak Agus Syafiudin yang berlokasi di Prabumulih.
  • Akan memsupport agar rencana teman-teman dari Universitas Sriwijaya (UNSRI) yang akan mengadakan RoadShow Linux untuk Pendidikan pada akhir Juni bisa terselenggara.

19 thoughts on “Laporan dari HRP SumSel di SMA 3 Unggulan Prabumulih

  1. Ping balik: Free Software yang tidak sama dengan Freeware « Bair is a geek ??

  2. frans

    Thanks ya pak subair atas kedatangan anda n temen2 ke SMA 3 Pbm….
    Aq pgn tanya, apa keunggulan antara Ubuntu 8.04 dgn BlankOn??

    Balas
  3. subair Penulis Tulisan

    Sama2 Mas Frans, kita juga terima kasih sudah diterima dengan baik oleh teman2 di sana.

    Hmm.. tentang BlankOn 3.0 dan Hardy,…

    BlankOn selain mewarisi sifat2 baik bapaknya (Ubuntu) berupa filosofi, kemudahan, kehandalan dll, BlankOn memiliki kelebihan untuk kita orang Indonesia karena didesain untuk memenuhi kebutuhan standar dari Sistem Operasi + Aplikasi Penunjang orang Indonesia yang (harus diakui sedikit malas, sulit internet, dan masih tertinggal hehehe) dengan hanya melakukan instalasi distro BlankOn (walaupun pasti ada yang belum sesuai, nah itu tinggal personalisasi orangnya).

    Beberapa hal yang paling penting selain tampilan dan default bahasa tentunya, adalah sudah tersedianya secara default codec2 multimedia dan beberapa format lain yang memiliki paten software. Karena Indonesia tidak menganut software patent (sama seperti Eropa dan beberapa negara lain) maka di BlankOn sudah legal dan bisa langsung dimasukkan codec2 tersebut misalnya MP3, RAR dll. Sedangkan di Hardy tidak di berikan secara langsung, tapi disediakan saja di repository-nya untuk mengakomodir masalah ini (karena Ubuntu Hardy didistribusikan secara global).

    Untuk hal2 yang lain silahkan lihat info BlankOn di http://http://www.blankonlinux.or.id dan paling afdhol langsung dicoba sendiri🙂

    Balas
  4. frans

    jadi sbenarnya BlankOn itu turunan dari ubuntu.
    Oh ya, saya udah coba beberapa kali instal Linux Ubuntu 8.04 yang dikasih dari Mas Agus, tapi pas mau pembagian partisi (saya pilih guided) gak bisa, selalu failure kadang berhasil tapi gak smape 15 % pas mulai menginstalnya. Kira2 kenapa, n gimana cara “mengakalinnya”?

    Balas
  5. subair

    Iya benar, tepatnya BlankOn 3.0 Lontara itu adalah turunan dari Ubuntu 8.04 Hardy.

    Tentang masalah waktu install dan selalu gagal saat sudah sampai partisi, kemungkinan besar CD-nya mungkin yang dari Mas Agus waktu itu yang rusak (korup atau tergores ..). Tapi untuk pastinya, coba kontak Mas Agus atau teman lain yang sudah berhasil instal di komputernya untuk pinjam CD instalasi Hardy.

    Tau kontak Mas Agus di Prbumulih kan? Kalo gak tau/bisa, kabarin saja entar saya bantu kabarin ke Mas Agus.

    Balas
  6. subair Penulis Tulisan

    Iya bisa Frans, silahkan kunjungi beberapa link berikut untuk liat infonya;

    [0]http://rinto.wordpress.com/2008/04/28/windows-di-dalam-linux/
    [1]http://wiki.ngadimin.org/Instalasi_VMware_Server_1.0.x_di_Ubuntu_8.04_%28Hardy_Heron%29
    [2]dll

    Tapi yang harus diingat walaupun jalan diatas Linux, windows dan aplikasi-aplikasi yang diinstal harus tetap legal lho🙂

    Finally, selamat mencoba … ditunggu info dan sharingnya…

    Balas
  7. bowie

    #Frans :
    Pak Subair,bisa gak jalanin windows under Linux?
    Dulu saya sempat bAca,kalo bisa gImana cAranya?

    Bisa install vmware for workstation di linux…woalaaa, tapi ingat windowsnya jangan bajakan🙂

    Balas
  8. Ping balik: Belajar Bareng Komunitas Ubuntu-ID Sumatera Selatan Bulan Agustus « Bair is a geek [??]

  9. fajar

    maaf mas subair..
    saya baru nemu ini blog, saya jadi tertarik karena menyangkut komintas Ubuntu di Prabumulih, secara saya jg putra daerah. Saya seneng, akhirnya temen2 di Prabumulih kenalan jg sama yg namanya linux, apalagi Ubuntu. Oh iya, komunitas Ubuntu Prabumulih itu kebentuk sebelum or sesudah mas subair dateng ke sana ya?? Thanks banget mas udah mau mengenalkan Linux buat temen2 dsna,

    bravo Ubuntu

    Balas
  10. Ping balik: Belajar Bareng Komunitas Ubuntu-ID Sumatera Selatan Bulan Agustus | Wong Kito Palembang

  11. Ping balik: Linux | Open Source | Ubuntu Log

  12. Ping balik: Gimana sih cara terbaik mengelola komunitas Linux/FOSS yang Nirlaba itu? « Bair is a geek [??]

  13. Ping balik: Gimana sih cara terbaik mengelola komunitas Linux/FOSS yang Nirlaba itu? | Wong Kito Palembang

  14. Fitri

    SMA 3 tuh keren bgt yach, jadi pengen daftar disana deh. Secara aku itu mash kls 3, jadi bingung tuk milih sekolah. Aku baru kali ini lihat diinternet tentang SMA 3. Soalnya gak kepikiran, eh ternyata sekolahnya bagus juga.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s